• Selasa, 28 Juni 2022

Gawat Nih, Kata Yusril, Jika UU Cipta Kerja Tidak Segera Diperbaiki Pemerintahan Akan Lumpuh!

- Jumat, 26 November 2021 | 12:59 WIB
Yusril Ihza Mahendra meminta Pemerintah harus segera memperbaiki UU Cipka Kerja pasca putusan MK Kamis 25 November 2025. (Instagramnya @yusrilihzamhd)
Yusril Ihza Mahendra meminta Pemerintah harus segera memperbaiki UU Cipka Kerja pasca putusan MK Kamis 25 November 2025. (Instagramnya @yusrilihzamhd)

HaiBandung – Mantan Menkumham dan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra meminta Pemerintah segera memperbaiki UU Cipta Kerja pasca putusan HM Kamis 25 November 2025.

Jika tidak, kebijakan-kebijakan baru yang akan diambil Presiden otomatis terhenti. Pasalnya, kebijakan-kebijakan super cepat yang ingin dilakukan Pemerintah Presiden JokoWidodo sebagian besar justru didasarkan kepada UU Cipta kerja.

“Ini berpotensi melumpuhkan Pemerintah yang justru ingin bertindak cepat memulihkan ekonomi yang terganggu akibat pandemic,” tulis Yusril dalam akun instagramnya @yusrilihzamhd.

Sebelumnya, MK memutuskan bahwa UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, inkonstitusional secara bersyarat. Jika dalam dua tahun UU tersebut tidak diperbaiki, maka UU itu otomatis menjadi inkonstitusional secara permanen.

Selain itu, MK juga menyatakan, jika dalam dua tahun tidak dioerbaiki, maka semua UU yang telah dicabut oleh UU Cipta Kerja itu, otomatis berkaku kembali.

Dalam keputusannya, MK  melarang Pemerintah menerbitkan peraturan pelaksana terhadap UU Cipta Kerja selain yang sudah ada.

Selain itu, melarang Pemerintah mengambil kebijakan-kebijakan baru yang berdampak luas yang didasarkan atas UU Cipta Kerja selama UU itu belum diperbaiki.

“Putusan MK itu mempunyai dampak yang luas terhadap Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang kini tinggal lebih kurang tiga tahun lagi sampai tahun 2024. Ini jelas dapat menimbulkan kekacauan hukum,” kata Yusril.

Yusril mengatakan, sejak awal, UU Cipta Kerja yang dibentuk dengan cara meniru Omnibus law di Amerika dan Kanada itu bermasalah.

Halaman:

Editor: Sutarwan Dicka

Tags

Terkini

Terpopuler

X