Ini Sejarah Singkat dan Silsilah Kerajaan Sumedang Larang

- Senin, 17 Januari 2022 | 00:47 WIB
Tujuh benda pusaka peninggalan para raja dan pangeran Kerajaan Sumedang Larang di Museum Prabu Ģeusan Ulun, Sumedang (Hadadi/HaiBandung)
Tujuh benda pusaka peninggalan para raja dan pangeran Kerajaan Sumedang Larang di Museum Prabu Ģeusan Ulun, Sumedang (Hadadi/HaiBandung)

HaiBandung -Kerajaan Sumedang Larang yang berlokasi di Kab. Sumedang, menjadi pewaris tahta dan penerus Kerajaan Pajajaran di wilayah tatar Sunda.

Berdasarkan catatan sejarah singkat dan silsilah kerajaaan, Kerajaan Sumedang Larang berawal dari Kerajaan Tembong Agung.

Dikutip HaiBandung.com dari buku berjudul "Selayang Pandang Kabupaten Sumedang" yang diterbitkan Bagian Humas dan Protokol (Humpro) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumedang,

Baca Juga: Sah! Kerajaan Sumedang Larang Pewaris Tahta dan Penerus Kerajaan Pajajaran

cikal bakal berdirinya Kerajaan Sumedang Larang berdasarkan historiografi tradisional, berawal dari Kerajaan Tembong Agung atau "Himbar Buana" (menerangi alam) yang didirikan Prabu Guru Aji Putih di Citembong Girang Kec. Ganeas tahun 678 M.

Kerajaan Tembong Agung, kemudian pindah ke Kampung Muhara, Desa Leuwi Hideung, Kecamatan Darmaraja.

Prabu Guru Aji Putih mempunyai putra, yakni Prabu Tajimalela (Batara Tuntang Buana).
Prabu Tajimalela menjadi raja pertama Karajaan Sumedang Larang. Prabu Tajimalela memimpin kerajaannya tahun 721-778 M di Tembong Agung Darmaraja bekas kerajaan Prabu Guru Aji Putih.

Baca Juga: Warga Siap Mengungsi ke Rumah Kerabat, Jika Terjadi Hujan Besar yang Bisa Timbulkan Longsor Susulan Ciherang

Prabu Tajimalela mempunyai tiga putra yakni Prabu Lembu Agung, Prabu Gajah Agung dan Sunan Geusan Ulun.

Halaman:

Editor: Hadadi

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

Terpopuler

X